Kita (majukan) Kita

on Jumat, 27 Agustus 2010

mahasiswa takut kepada dosen
dosen takut kepada rektor
rektor takut kepada menteri
menteri takut kepada presiden
presiden takut kepada mahasiswa tahun 1998


sepenggal puisi oleh bapak Ismail Marzuki
yang tidak hanya mengingatkanku kepada perjuangan mahasiswa tahun 1998
tapi kondisi yang terjadi saat ini
kondisi disekitarku

keputusan-keputusan yang dibuat rektor
atau jurusan sebagai tangan kanannya
terkadang menyulitkan mahasiswa

jurusan yang seharusnya menjadi penengah
malah menjadi takut kepada rektor
seperti yang dikutip di karya bapak Ismail Marzuki

keinginan-keinginan kuat mahasiswa untuk memajukan kampus
dihalangi oleh rasa kebencian itu
toh, jika saya memajukan kampus
yang baik namanya adalah kampus (rektor)
saya sekarang lagi digencet oleh kampus (rektor)

untuk itu, saya sebagai mahasiswa tidak akan pernah memajukan kampus
tapi, sebagai rasa utang budi kepada kakak-kakak saya yang sudah memberikan ilmu kepada saya
saya akan memajukan adik-adik saya
dengan berkarya
membawa nama kita
sebagai mahasiswa
bukan mahasiswa kampus
tapi atas nama mahasiswa
Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar